Kawasan Bukit Bangkirai (Hutan Hujan Tropis) di Kalimantan Timur yg saat ini dikelola oleh anggota APHI, PT Inhutani 1  mempunyai potensi ekowisata  yang dapat ditawarkan kepada wisata mancanegara maupun wisata nusantara dalam bentuk paket wisata yang terintegrasi dengan objek wisata lainnya di Balikpapan.

Hal ini dipaparkan oleh Ketua Bidang Pengembangan Usaha APHI Endro Siswoko dalam “Workshop Pengembangan Wisata Cruise Balikpapan” pada 26 November 2018 di Balikpapan.

Menurut Endro potensi wisata yang sedang dikembangkan oleh APHI ini akan menjadi salah satu paket ekowisata yang lengkap dengan memadukan Kawasan Bukit Bangkirai dengan wisata Beruang Madu, Mangrove Centre, Penangkaran Buaya Teritip dan BOS (Borneo Orang Utan Survival).

“Keunikan Kawasan Bukit Bangkirai ditandai dengan adanya Canopy bridge sepanjang 64 meter dengan ketinggian mencapai 30 m – 40 m.  Ditambah lagi dengan adanya jungle track, sepeda gunung,  camping ground, taman anggrek, adopsi pohon serta adopsi tanaman,” ungkap Endro.

Fasilitas lainnya yang akan membuat nyaman para wisatawan adalah adanya dukungan fasilitas guest house dan rumah adat setempat yang memadai. (*)