Ketua Umum APHI Indroyono Soesilo mengadakan pertemuan dengan Chairman EMCO Corp. Mr Kim Sun Ho di Indonesia Investment Promotion Center (IIPC), Seoul-Korea pada hari Rabu (27/02).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum APHI didampingi Direktur IIPC Helmy Tanjung dan KBRI Seoul Nunik serta Atase Perdagangan KBRI Seoul Dwi. Pertemuan bilateral ini dalam rangka membahas investasi energi biomassa di Indonesia.

Indroyono menyatakan bahwa kerjasama RI-Korea terkait biomass energi ini sebetulnya sudah dimulai sejak tahun 2016 dimana sudah ada 17 Anggota APHI yang menandatangani MOU dengan Korea, namun hingga saat ini belum ada yang terealisasi. “Sekarang kita membuat babak baru, melalui kerjasama yang dipantau langsung IIPC-BKPM dan KBRI-Seoul” kata Indroyono.

Pihak EMCO siap bekerjasama hingga 30 tahun. “Peluang ini hendaknya dimanfaatkan sebaik-bainya oleh anggota APHI, karena pembangkit listrik mereka memerlukan pasokan woodchips yang continue” ujar Indroyono.

Menambahkan pernyataan Indroyono, Mr. Kim mengungkapkan bahwa EMCO sudah memiliki pembangkit listrik di Seoul yang siap menampung woodchips dari Indonesia. EMCO juga siap membangun HTI-Energi di Indonesia, dimulai dengan lahan seluas 25.000 hektar. “Kami siap bertemu dengan anggota APHI yang berminat, di Jakarta dalam waktu dekat” pungkas Mr. Kim (*)