Dalam rangka pemenuhan Tenaga Teknis Pengelolaan Hutan (GANISPH) yang kompeten, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) baik di tingkat Pusat maupun Komisariat Daerah (Komda) terus melakukan terobosan untuk meningkatkan jumlah GANISPH kompeten.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan sosialisasi Kebijakan Uji Kompetensi  Bagi GanisPH kepada anggota Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH) seperti yang di lakukan APHI Komda Sumatera Utara (Sumut) & Aceh bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Bina Mutu Lingkungan Kehutanan di Emerald Garden Hotel, Medan pada Kamis, 7 Juli 2022.

Pembukaan kegiatan sosialisasi GANISPH wilayah Sumut dan Aceh dihadiri Kepala BPHP Wilayah II Medan Kusnadi dan perwakilan Dinas Provinsi, serta perusahaan pemegang PBPH sebanyak kurang lebih 30 orang peserta.

Dalam sambutan pada pembukaan sosialiasi, Ketua Komite Pengembangan Organisasi, SDM dan Penguatan Wilayah APHI, Tjipta Purwita menegaskan tentang pentingnya GANISPH dalam mewujudkan pengelolaan hutan lestari.

Tjipta mengungkapkan bahwa berdasarkan ketentuan yang ada pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 8 tahun 2021, telah jelas diatur mengenai GANISPH.

Disebutkan, GANISPH yang telah mendaftarkan diri melalui SIGANISHUT wajib mengikuti uji kompetensi yang pelaksanaanya dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) terlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dan teregistrasi Kementerian.

“GANISPH yang kompeten akan diberikan sertifikat kompetensi oleh LSP,” ungkap Tjipta.

Upaya pemenuhan GANISPH ini dengan melakukan percepatan uji kompetensi kepada anggota APHI diawali dengan melakukan pendataan GANISPH anggota melalui Komda APHI Seluruh Indonesia untuk penjadwalan pelaksanaan Uji Kompetensi oleh LSP.

“Selanjutnya APHI melakukan sosialisasi mekanisme pelaksanaan Uji Kompetensi GANISPH oleh Komda APHI,” kata Tjipta.

Selain itu, APHI juga memberikan pembekalan bagi GANISPH Anggota Komda APHI untuk persiapan pelaksanaan Uji Kompetensi ini.

Mendukung pernyataan Tjipta Purwita, pada kesempatan yang sama Ketua APHI Komda Sumut & Aceh Simon Sidabuke mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting dalam rangka pemenuhan GanisPH anggota APHI Komda Sumut & Aceh.

“Kami berharap melalui upaya ini dapat memenuhi ketentuan sehingga kegiatan operasional anggota tidak terkendala” ujar Simon.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pelaksanaan uji kompetensi ini perlu diatur tata waktunya mengingat banyak GANISPH yang akan berakhir hampir bersamaan pada Januari-Maret 2022.**