Primadona bisnis di sektor kehutanan sampai masih berupa kayu. Tapi seiring dengan perubahan tuntutan publik terhadap fungsi hutan, kini kian tumbuh dan berkembang konfigurasi bisnis lainnya terhadap hutan.  Sebagai misal, saat ini,  pengembangan usaha jasa lingkungan (ekowisata) di industri bisnis kehutanan menjadi sorotan yang sangat potensial untuk dimaksimalisasi dengan kian merebaknya destinasi wisata khusus masyarakat ingin kembali ke alam (back to nature).

Bisnis kehutanan yang seksi ini sangat menjanjikan dan dapat dikembangkan di kawasan hutan produksi yang selama ini menjadi kawasan usaha para anggota.  Ketua Umum APHI Indroyono Soesilo menfasilitasi jalannya diskusi interaktif di workshop yang bertema  “Pengembangan wisata cruise Balikpapan”.   Workshop yang diadakan di hotel Grand Jatra balikpapan, 26 November 2018 dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan terkait, di antaranya dari kalangan pemerintah, anggota APHI, Travel Agent.

Disepakati dalam workshop untuk melakukan collective action mempromosikan Kawasan Wisata Hutan Bukit Bangkirai Balikpapan sebagai salah satu tujuan wisata cruise dan melakukan kegiatan promosi yang terintegrasi dan melibatkan multisektor.(*)