Dalam rangka membantu pemerintah memerangi wabah Covid-19 khususnya di daerah, Komisariat Daerah Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (Komda APHI) telah mengambil peran aktif dalam berbagai kegiatan terkait.

Di Sumatera Selatan, Komda APHI Sumsel bekerja sama dengan Forum DAS telah melakukan Aksi Limas – C19 dengan melakukan penyuluhan dan membagi-bagikan masker, hand sanitizer kepada masyarakat.
“Lindungi Masyarakat dengan Masker dan Hand Sanitizer dari Virus Corona Covid-19, dan akan terus kami bagi-bagikan” ujar Ketua Komda APHI Sumsel Iwan Setiawan di Palembang, Selasa (24/03/20).

“Kami melakukan inisiatif ini dengan tujuan dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di masyarakat Sumatera Selatan” kata Iwan.

Sementara itu, dalam rangka memerangi meluasnya penyebaran Covid 19 di Provinsi Riau, APHI Komda Riau terus mengimbau para anggoanya untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19 tersebut.

Mulai dari mengimbau kepada seluruh anggota dan karyawannya untuk terus mematuhi imbauan pemerintah baik di lingkungan kerja ataupun lingkungan sosial para karyawan. Hal ini disampaikan Ketua Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Komda Riau, Muller Tampubolon Pekanbaru, Senin (30/3/2020) seperti di kutip di beberapa media lokal pada hari yang sama.

APHI Komda Riau juga melakukan koordinasi dengan pihak Polda Riau, dan ikut berperan aktif dalam rangka kegiatan penyemprotan jalanan dan lingkungan masyarakat di Pekanbaru dengan cairan disinfektan yang akan dilaksanakan pada hari berikutnya.

”Untuk membantu pihak Kepolisian di jajaran Polda Riau, APHI pada hari ini telah menyerahkan 100 set alat semprot disinfektan kepada Polda Riau melalui Krimsus Polda Riau,” terang Muller.

Penyerahan 100 set alat semprot disinfektan ini dilakukan langsung oleh Ketua APHI Komda Riau beserta jajaran pengurus Komda APHI lainnya bertempat di Gedung Krimsus Polda Riau jalan Gajah Mada Pekanbaru. Bantuan dari APHI Riau ini diterima langsung oleh Wadirkrimsus Polda Riau AKBP Fibri Karpiananto.

Saat menerima penyerahan 100 set alat semprot dari APHI Komda Riau ini, AKBP Fibri menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada APHI Riau atas peran sertanya dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid 19 di Provinsi Riau ini. Alat ini nantinya akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk upaya pencegahan penyebaran covid 19 di Provinsi Riau.

Selain itu, dalam menghadapi dampak ekonomi bagi masyarakat yang terdampak di Provinsi Riau, APHI Komda Riau juga telah memberikan bantuan 500 paket sembako. Penyerahan paket sembako senilai Rp. 100 Juta ini dilaksanakan, Selasa (21/04) di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau.

Menurut Ketua APHI Komda Riau, Muller Tampubolon, penyerahan paket sembako ini sebagai bentuk kepedulian dari APHI Riau untuk masyarakat Riau yang terdampak pandemi Covid 19.

”Bantuan kami ini diserahkan kepada Pemprov Riau melalui Dinas LHK Provinsi Riau, yang nantinya akan didistribusikan melalui Gugus Tugas Covid19 Provinsi Riau untuk masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, di Kalimantan Tengah, APHI Komda Kalteng juga melakukan aksi nyata dalam membantu pemerintah, dengan menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 500 set pakaian Hamzat kepada Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kalteng.

Bantuan perlengkapan APD tersebut diserahkan langsung oleh ketua Komda APHI Kalteng, Akhwan kepada Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19, dan disaksikan oleh Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Kalteng Sri Suwanto, di Posko Gugus Tugas Kantor Gubernur Kalteng pada hari Jumat (10/04/20).

“Apa yang kami lakukan ini sebagai wujud kepedulian Perusahaan sektor kehutanan yang tergabung dalam APHI yang dikoordinasikan oleh Dinas Kehutanan Kalteng” kata Akhwan.

Bantuan APD tersebut ditujukan untuk menunjang tugas-tugas tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19 dalam masa tanggap darurat saat ini. Penyerahan APD sebanyak 500 set pakaian Hamzat tersebut dari 800 set yang direncanakan. (*)