Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bersama IBCSD meluncurkan panduan Praktis Penanganan Konflik Untuk Perusahaan Berbasis Lahan pada hari Kamis (29/11) di Jakarta. Hadir dalam peluncuran tersebut, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil yang memberikan pidato kunci, Duta Besar Kerajaan Inggris Mr. Moazzam Malik dan Presiden IBCSD, Shinta W. Kamdani. Dari APHI ikut menghadiri Dewan Pengurus Bidang Humas dan Kerjasama, Sudianto Chu dan Budianto Tjuatja.

Panduan ini disusun sebagai salah satu alat untuk menangani konflik secara efektif agar bisnis dapat berjalan sesuai perencanaan dan berjalan selaras dengan kepentingan masyarakat.

Peluncuran panduan tersebut didasari atas kesadaran akan pentingnya membangun sistem pengelolaan konflik yang efektif dan tepat guna dalam setiap tahap pembangunan yang berkelanjutan. Dengan terbangunnya kesadaran, setiap pihak termasuk pelaku usaha dapat mulai berkontribusi terhadap upaya penanganan konflik yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing(*)