Ketua Umum APHI Indroyono Soesilo meresmikan gerbang Mangrove Center Graha Indah (MCGI) Balikpapan pada 27 November 2018. Peresmian ini merupakan bukti nyata dukungan APHI dalam menyiapkan kawasan wisata yang terintegrasi di Kalimantan Timur dalam mempromosikan ekowisata.

MCGI akan menjadi bagian obyek wisata yang melengkapi paket wisata Kawasan Bukit Bangkirai yang dikelola PT. Inhutani 1 di Kalimantan Timur.

Ketua MCGI Agus Bei menegaskan bahwa dukungan APHI untuk memugar gerbang MCGI akan sangat bermanfaat bagi pengembangan kawasan Mangrove ini sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik di Balikpapan. Lebih lanjut dia memaparkan, kawasan ini awalnya hanya 90 ha kemudian berkembang menjadi 150 ha kawasan Mangrove alami yang sudah menciptakan ekonomi kreatif dan kesempatan kerja.

Disamping itu, diharapkan dukungan dari Pemerintah daerah khususnya walikota melalui peraturan Walikota untuk meningkatkan fasilitas MCGI, salah satunya kerjasama dengan pemangku kepentingan lainnya dalam bentuk CSR atau kemitraan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Balikpapan Irma Nurmayanti, menyatakan apresiasi yang tinggi kepada APHI karena telah membantu dan mendukung paket wisata terintegrasi di Balikpapan terutama untuk kawasan Mangrove yang melibatkan masyarakat tempatan. (*)