Diskusi Percepatan Perhutanan Sosial dan PNBP Sektor Kehutanan diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Komda Sumsel di Palembang pada hari Selasa (17/12).

FGD ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan, Panji Tjahjanto dan dihadiri pejabat daerah dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, BPHP Wilayah V dan KPH-KPH terkait serta IUPHHK anggota APHI yang beroperasi di Sumsel.

Komisaris Daerah Sumatera Selatan Iwan Setiawan dalam sambutannya mengatakan pertemuan ini merupakan permohonan dari perusahaan-perusaan anggota APHI di Sumatera Selatan guna mencari solusi dalam percepatan perhutanan sosial. “Kami ingin segera merealisasikan program dari Kementerian LHK ini di Sumsel” kata Iwan.

Selain itu juga pertemuan ini dalam rangka menyamakan sudut pandang terkait dalam upaya peningkatan PNPB sektor kehutanan terutama dari HHBK. “Masih banyak potensi yang dapat digali di Sumsel ini dalam rangka peningkatan pendapatan negara dari produk non kayu” katanya.

Menurut Iwan perhutanan sosial merupakan salah satu solusi dalam upaya peningkatan produksi perusahaan HTI sekaligus upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan. “Berdasarkan fakta di lapangan, kita ketahui karhutla banyak terjadi pada area semak belukar yang tidak produktif” ujarnya.

“Selain itu, upaya ini sekaligus juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan PNBP di sektor Kehutanan” pungkas Iwan. (*)