Sosialisasi dan talkshow dalam rangka membangun sinergi pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) Kehutanan yang diwakili oleh Komisariat Daerah APHI Sumatera Selatan dihadapan para siswa SMK Kehutanan Negeri Kadipaten diselenggarakan pada hari Senin (8/04) di SMK Kehutanan Negeri Kadipaten, Sumsel.
Kegiatan ini dalam rangkaian uji kompetensi peserta didik SMK Kehutanan Negeri Kadipaten tahun pelajaran 2018/2019 sekaligus dalam rangka penjajakan kerjasama antara SMK Kehutanan Negeri Kadipaten dengan perusahaan lingkup APHI Komda Sumatera Selatan.
Ketua Komda APHI Sumsel Iwan Setiawan sebagai narasumber menyampaikan presentasi prospektus usaha kehutanan dan menayangkan video tentang proses di HTI sampai ke Industri. “Kami sampaikan informasi terkait usaha kehutanan secara lengkap dari hulu sampai ke hilir agar siswa mendapatkan minat dan ketertarikan untuk bekerja di sektor swasta” ujar Iwan.
Lebih lanjut Iwan mengungkapkan fenomena yang berkembang saat ini kebanyakan orientasi siswa dan orang tua sekolah di SMK Kehutanan Kadipaten itu hanya untuk menjadi pegawai negeri. “Ketika tidak punya kesempatan untuk jadi PNS mereka menganggur” ungkap Iwan.
Sosialisasi dan sharing informasi diikuti oleh sekitar 200 pelajar kelas 1 dan 3 SMK Kehutanan Kadipaten. “Kami ingin mengajak adik-adik para siswa-siswi SMK Kehutanan Negeri Kadipaten untuk berkiprah dan berkarya nyata membangun negeri di sektor usaha kehutanan” tutup Iwan. *