Karena ikut andil dalam pengendalian Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2019 di Sumsel. Tiga perusahaan hutan tanaman industri yang merupakan mitra APP Sinar Mas diganjar penghargaan oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Tiga perusahaan tersebut diantaranya PT Bumi Mekar Hijau, PT Bumi Andalas Permai dan PT Rimba Hutani Mas. Selain tiga perusahaan ada beberapa perusahaan serta kepala badan dan lembaga di Sumsel yang turut menerima penghargaan.

Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru disela – sela penutupan Posko Satgas Karhutla Provinsi Sumsel dihotel Santika Premiere Jalan Gubernur Asnawi Mangku Alam, Kecamatan Sukarami Palembang Minggu (1/12).

Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) melalui Komisaris Daerah Sumatera Selatan, Iwan Setiawan mengatakan selain tiga mitra APP Sinar Mas yang menerima penghargaan bukan berarti perusahaan lainnya tidak ikut berpartisipasi semuanya telah ikut berpartisipasi dan bekerja keras dalam penanganan Karhutla di Sumsel.

“Kami dari APHI mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak yang telah bekerja keras dalam pengendalian Karhutla di Sumsel sampai tuntas,”katanya.

Kedepannya, dalam penanganan Karhutla di Sumsel semua pihak bisa bekerja sama lebih solid dan berkoordinasi dengan baik. “Agar kedepannya Kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah sejak dini. Karena pencegahan lebih efesien daripada menanggulangi.”ucapnya.

Danrem 044 / Garuda Dempo yang juga Dansatgas Karhutla Kolonel Kolonel Arh Sonny Septiono, S.E mengatakan selama lima bulan menanggulangi Satgas Karhutla di Sumsel personel tidak kenal lelah dan kenal waktu terus berjibaku memadamkan Karhutla di beberapa titik yang terjadi Karhutla. Tanpa kerja sama dan koordinasi yang baik penanganan Karhutla di Sumsel tidak akan berjalan dengan baik.

“Setelah lima bulan Satgas Karhutla berjibaku memadamkan kebakaran hutan di Sumsel alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan hari tugas Satgas Karhutla berakhir,”katanya.

Suksesnya penanganan Karhutla di Sumsel tidak lepas dari kerja sama dan koordinasi yang baik dari personil Satgas, termasuk masyarakat peduli api dan beberapa perusahaan terutama perusahaan mitra APP Sinar Mas yang mensupport dan memberikan bantuan dengan mengerahkan Helikopternya sebanyak 6 unit, puluhan alat berat dll untuk membantu melakukan pemadaman Karhutla di Sumsel.

“Kerja sama dan koordinasi yang sudah berjalan dengan baik ini bisa ditingkatkan lagi sehingga dalam melaksanakan tugas kedepannya dapat berjalan dengan lancar,”tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penanganan Karhutla di Sumsel dengan baik sehingga hari ini Posko Satgas Karhutla yang sudah bertugas selama lima bulan dapat ditutup dengan capaian yang memuaskan.

“Saya gubernur Sumsel mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pengendalian Karhutla di Sumsel. Termasuk semua corporate yang sudah membantu Satgas Karhutlah mulai dari personel hingga peralatan yang diterjunkan untuk pengendalian Karhutla di Sumsel,”ujarnya. (*)