Institut Pertanian Bogor (IPB) Job Fair 2019 merupakan puncak kegiatan dari IPB Pekan Karir 2019 yang di selenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir atau yang dikenal dengan Career Development and Assessment (CDA) IPB . IPB JOB FAIR dilaksanakan pada 27 – 28 April 2019 di Graha Widya Wisuda Kampus IPB Dramaga. Rangkaian kegiatan ini mencakup career expo dan juga scholarship expo. Kegiatan ini sangat membantu lulusan IPB dan para pencari pekerjaan atau yang ingin melanjutkan studi di dalam maupun luar negeri.

Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) sebagai salah satu stakeholder Kehutanan ikut berpartisipasi pada Job Fair tersebut bersama perusahaan-perusahaan besar nasional maupun multinasional, diantaranya Bank Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Bank Mega, Sinarmas Finance, Indocyber, Asian Agri, Astra Agro Lestari, dan masih banyak perusahaan lainnya. Sedangkan untuk beasiswa keluar negeri, terdapat beberapa lembaga dari LPDP, Study in Sweden, DAAD, Institut Francais, ERASMUS, Groningen University, Wageningen, Radboud, dan berbagai penyedia informasi terkait bea siswa lainnya.

Dalam pameran kali ini, APHI membuat rangkaian kegiatan terkait proses penerimaan tenaga kerja.   Diawali dengan komunikasi interaktif antara APHI dan pengunjung kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pendaftaran pegawai untuk berbagai posisi di perusahaan anggota APHI.

APHI juga menampilkan informasi mengenai alur pengelolaan hutan dan pengolahan hasil hutan mulai dari hulu sampai hilir. Diharapkan para pencari kerja dapat memperoleh gambaran pekerjaan di sektor usaha kehutanan mulai di hulu (di dalam hutan) sampai ke hilir di industri pengolahan hasil hutan.

IPB Jobfair 2019 dibuka oleh Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria yang menyatakan bahwa Jobfair ini diikuti oleh berbagai perusahaan dan asosiasi dari berbagai sektor usaha dan juga perbankan. “Kami mengharapkan para lulusan IPB dapat memanfaatkan peluang ini untuk dapat mendarmabaktikan dan mempraktekkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah” ujar Arif.

Pada kesempatan yang sama Dewan Pengurus Bidang Humas dan Kerjasama APHI yang hadir pada pembukaan IPB Jobfair, Trisia Megawati KD menyatakan bahwa keikutsertaan APHI dalam jobfair ini untuk mendukung upaya penciptaan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja. “APHI bergerak di bidang usaha yang amat dekat dan berhubungan langsung dengan pertanian maupun kehutanan, sehingga IPB Jobfair ini merupakan media yang sangat tepat dalam pencarian informasi terkait penyerapan tenaga kerja” kata Trisia.

Trisia menambahkan bahwa kebutuhan tenaga kerja yang berkualitas di industri Restorasi Ekosistem,  Hutan Alam maupun di Hutan Tanaman sampai di industri pengolahannya, saat ini sangat dibutuhkan.  “Paling tidak  kebutuhan tenaga kerja ini akan diserap oleh lebih dari 500 anggota APHI di seluruh Indonesia.   Saya berpendapat kegiatan ini sangat bermanfaat dan perlu didukung semua pihak,” pungkas Trisia.

Selama 2 (dua) hari pameran, APHI menerima lebih dari 300 pelamar yang menyampaikan CV secara langsung maupun melalui email.*