Penanaman pohon dalam rangkaian kegiatan Hari Bakti Rimbawan ke-38 pada tahun 2021 sebagai wujud langkah korektif pemerintah dalam hal pemulihan lingkungan diselenggarakan di Rumpin, Bogor pada Sabtu (13/03).

APHI yang diwakili Direktur Eksekutif bersama beberapa perwakilan sekretariat APHI ikut serta dalam kegiatan tersebut. Penanaman pohon diawali sambutan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar yang hadir bersama Wakil Menteri LHK beserta jajarannya. Acara penanaman pohon ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Siti memberikan apresiasi kepada para jajarannya yang telah bekerja keras dalam mengatasi persoalan di masyarakat, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menteri Siti dalam arahannya menyampaikan bahwa lokasi penanaman di Rumpin memiliki cita-cita nasional sebagai role model pemulihan lingkungan melalui pendekatan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL).

“Dalam peringatan ini, yang paling penting adalah bagaimana kita mengaktualisasikan jati diri rimbawan yang jujur, bertanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, bekerjasama dan profesional. Saya berterima kasih atas kepedulian dan kepekaan para pejabat di Kementerian LHK dalam mengatasi permasalahan yang terjadi masyarakat” ujar Menteri Siti.

Mendukung pernyataan Menteri LHK, Direktur Eksekutif APHI Purwadi Soeprihanto yang turut hadir pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas kinerja pemerintah, khususnya para rimbawan terhadap upaya pemulihan lingkungan.

“Penanaman pohon di areal yang kritis atau terdegradasi seperti yang dilakukan di Rumpin ini perlu terus di dorong dan digalakkan di seluruh Indonesia dengan dukungan persemaian yang memadai” ungkap Purwadi.

Pembangunan persemaian di Rumpin-Bogor adalah untuk menjawab kebutuhan bibit yang besar untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang terkendala oleh terbatasnya pusat-pusat persemaian dengan pola KBR, Kebun Bibit Desa, dan persemaian permanen.

Tema Hari Bhakti Rimbawan tahun 2021 adalah “Terus Berbakti di Tengah Pandemi untuk Lingkungan dan Hutan Lestari”, tema tersebut menggambarkan bahwa meskipun sedang dilanda Pandemi Covid-19, tidak membatasi para Rimbawan untuk terus bekerja, berbakti dalam menyukseskan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, sekaligus memastikan lingkungan dan kehutanan tetap lestari.

Dalam acara penanaman pohon ini, jenis pohon yang ditanam antara lain adalah pohon Manggis, Sawo, Durian, Kemang Campolay, Namnam, Damar, Kayu Manis, Mindi, Menteng, Gandaria, dan Eboni dengan total yang ditanam sebanyak 150 bat