Rapat Kerja (Raker) APHI 2021 dalam rangka mengkonsolidasikan penanganan isu-isu kunci yang menjadi pilar penting  bagi terwujudnya konfigurasi bisnis baru kehutanan yang berdaya saing dan berkelanjutan.

RAKER APHI 2021 dilaksanakan secara hybrid dari hotel Aston, Sentul, Jawa Barat pada Rabu-Kamis (27-28/10/21) dengan tema: Konsolidasi Konfigurasi Bisnis Baru Kehutanan Yang Berdaya Saing & Berkelanjutan”. RAKER tahun 2021 ini adalah penyelenggaraan Raker yang terakhir dari kepengurusan APHI periode 2016–2021, yang akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Musyawarah Nasional (MUNAS) APHI pada bulan Desember 2021.   

RAKER APHI yang dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya secara daring, dilanjutkan Webinar dengan narasumber yang kompeten untuk memperoleh masukan dalam merumuskan garis besar kebijakan dan rencana strategis yang akan dijalankan oleh Pengurus APHI Periode tahun 2021 – 2026 yang terpilih dalam MUNAS APHI 2021 pada bulan Desember 2021 yang akan datang.

Sebelum dimulainya Raker APHI 2021 diadakan ujicoba Munas APHI yang akan diselenggarakan secara virtual. Ujicoba dipimpin ketua Tim Sugijanto Soewadi yang didukung tim pelaksana dari sekretariat APHI. Ujicoba mencakup pendaftaran peserta, pengusulan calon Ketua Umum dan calon Ketua Dewan Pengawas, mekanisme pemberian dukungan dan diakhiri pelaksanaan voting melalui aplikasi e-vote yang telah disediakan.

Raker APHI 2021 dibuka dengan sambutan Ketua Umum APHI, Indroyono Soesilo dan dilanjutkan sambutan Dewan Pengawas APHI yang disampaikan oleh Hadi Siswoyo.

Setelah pengesahan agenda dan tata tertib dilanjutkan penetapan Ketua Sidang Pleno yang disepakati yaitu Ketua bidang Pengembangan Usaha, Endro Siswoko dengan Sekretaris Sidang Pleno adalah Ketua Bidang Hukum, Erwansyah.

Laporan realisasi RKA 2021 disampaikan oleh Ketua Bidang Organisasi dan Keuangan, Tjipta Purwita dilengkapi penjelasan keuangan oleh Anggota Bidang Organisasi dan Keuangan, Neneng Euis Herawati.

Dalam pandangan umum beberapa peserta baik yang luring maupun daring memberikan tanggapan diantaranya Michael Manufandu, Novian Zen, dan Imam Harmain.

Sidang Pleno II berisikan penilaian laporan kinerja dan anggaran tahun 2021 oleh Dewan Pengawas (Dewas) yang disampaikan oleh anggota Dewas, Hadi Siswoyo yang menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja APHI 2021 dengan beberapa catatan perbaikan.

Pada sidang Pleno III, disampaikan bahan/materi Munas APHI 2021 yaitu rancangan perubahan AD/ART yang disampaikan oleh Ketua Tim Rancangan AD/ART, Soewarso. Dilanjutkan penyampaian draft Laporan Pertanggungjawaban DP dan Dewas 2016 – 2021 serta Garis Besar Kebijakan dan Rencana Strategis (GBKRS) APHI periode 2021-2026 oleh Ketua Tim Penyiapan Laporan Pertanggungjawaban DP dan Dewas 2016 – 2021 serta GBKRS APHI 2021-2026, David. Dan dilanjutkan penyampaian draft Kriteria dan Tata Cara Pemilihan Ketum DP dan Ketua Dewas Masa Bakti 2021-2026, Tata Tertib dan verifikasi Peserta Munas oleh Ketua Tim Penyiapan Kriteria dan Tata Cara Pemilihan Ketum DP dan Ketua Dewas Masa Bakti 2021-2026, Tatib dan verifikasi Peserta Munas, Sugijanto.

Selanjutnya, peserta menyampaikan beberapa tanggapan, pertanyaan dan usulan yang disampaikan oleh Wakil Ketua Umum I, Rahardjo Benyamin, Wakil Ketua Umum II, Bambang Supriyambodo, Michael Manufandu, Agus Wahyudi, Imam Harmain, Novian Zen, dan Hadi Siswoyo.

Tim-tim tersebut akan merumuskan kembali bahan/materi Munas dengan mempertimbangkan masukan-masukan dari peserta Raker. Perumusan dibawah koordinasi Ketua Rahardjo Benyamin dengan anggota Bambang Supriyambodo, Imam Harmain, Ketua dan Wakil Ketua SC, Para ketua Tim, dan Ketua serta Wakil Ketua OC.

Dalam hal ini yang menjadi penekanan bahwa hingga menuju Munas nantinya, Pengurus APHI yang ada saat ini akan tetap bertekad menjalankan prognosa kegiatan quick-wins dalam rangka mengatasi permasalahan anggota bersama K/L terkait. APHI siap menyongsong Munas Desember 2021 (*)